Resep: Sempurna Serundeng Kelapa Enak Gurih Nagih | Resep asli dari nenek Solusi

Delicious, fresh and tasty.

Kurangi Serundeng Kelapa Enak Gurih Nagih | Resep asli dari nenek dijual.

Serundeng Kelapa Enak Gurih Nagih | Resep asli dari nenek Anda dapat memanggang barbecue Serundeng Kelapa Enak Gurih Nagih | Resep asli dari nenek menggunakan 15 teknik sebagai konsekuensinya 9 juga. Inilah cara Anda buat.

prosedur dari Serundeng Kelapa Enak Gurih Nagih | Resep asli dari nenek

  1. gunakan 1/2 butir of kelapa setengah tua, kulit dalemnya masih coklat muda.
  2. Anda perlu of Bumbu.
  3. Anda perlu 3 buah of bawang merah.
  4. Ini 1 buah of bawang putih.
  5. berikan 1 sdt of ketumbar.
  6. gunakan 1 of ukuran jari asam jawa.
  7. Siapkan 3 buah of cabe merahkeriting atau 7 buah cabe rawit.
  8. gunakan 3 lembar of daun jeruk.
  9. juga 2 lembar of daun salam.
  10. lalu 1 ruas jari of kunyit.
  11. tambahkan 1 potong sedang of lengkuas geprek.
  12. sedikit 1 buah of sereh digeprek (kalau ga ada gapapa, tetep enak kok).
  13. sedikit 50 gram of gula aren.
  14. berikan 1 1/2 sdt of garam.
  15. Siapkan 3 sdm of minyak goreng.

Serundeng Kelapa Enak Gurih Nagih | Resep asli dari nenek metode

  1. Kupas kelapa dan parut memanjang. Cara marutnya dengan mengarahkan bagian yang ada kulitnya di atas dan posisinya 90 derajat dengan parut. Kira2 jadinya kayak gini.
  2. Sangrai kelapa parut dengan api sedang sampai berwarna kecoklatan dan kadar airnya sedikit menyusut..
  3. Kira2 sampai jadi kayak gini ya gaaais.
  4. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe, kunyit, asam jawa, dan garam.
  5. Sisir gula aren menjadi kecil-kecil supaya mudah meleleh.
  6. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus, daun salam, sereh geprek, dan lengkuas geprek. Tadi aku bikinnya ga pake sereh. Tapi tetep enak kok asalkan daun jeruk sama laosnya jangan sampe skip..
  7. Jika bumbu sudah wangi banget, masukkan gula merah yang sudah dipotong atau disisir kecil-kecil, aduk sampai gula terkaramelisasi.
  8. Masukkan kelapa yang sudah disangrai ke dalam adonan bumbu, lalu aduk-aduk sampai bumbu tercampur rata. Pastikan selalu menggunakan api kuecil yaa biar nggak gosong dan nggak menggumpal..
  9. Jadi deeh serundengnya. Ini tuh enak banget. Ga usah pakai tambahan micin juga udah enak. Bisa dimakan langsung pakai nasi anget, dicampur sama ayam goreng ungkep, atau buat isian lemper. Selamat mencoba..